Minggu, 21 Maret 2010

sumairy list of used to antroduce adverb clauses

time clauses and effect apposition condition

after because everthought if
before since althought unlees
when now that tought only if
while/as as /as long as whet her or not/ oven if
by the time(that) in as muchas where as provided(that)
since while provided(that)
until in case (that)
as soon as so( that) in the event(that)
once in order(that)
as so long as
when ever
ever time(that)
the firs time(that)
the last time
the next time


for example;

a.when weareb in new york. we saw serveral plays.
b.we saw serveral plays whaen we were in new york.
c.because has was sleepy . the went to bed.
d.he went to bed because he was sleepy.


after => sesudah yaitu dc nya menggunakan simple present dan ic menggunakan past
before => sebelum peristiwa menggunakan past perfect exampe; she had lef before i telephone
jadi present future / past perfect ; example nya =>she had lef (before/after) i telephone ,
we wiill finish she arrive

while /as => adalahh kalimat yang progresif dan harus menggunakan past countinouss
example ; she began cooking while i was finishing my home work

by the time => adalah suatu gagasan tentang sesuatu peristiwa yang sudah selesai sebelum terjadi masalah yang baru
ex; past perfect / future perfect => he finished , i had cooking dinner
future perfect => we will have finished our home work by the time they arrive
untill/ till => mangungkapkan sampai batas waktu tertentu dan digunakan untuk berbicara / menuliss
ex; i writed untill finished his home work , i wait till finish
APBN



pengertian APBN

menurut undang-undang no.17 tahun 2003 anggaran pendapatan dan belanja negara atau APBN adalah rencana keuangan tahunan pemerintah negara yang di setujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
APBN biasanya di mulai dari 1 januari dan ber akhir hingga sampai 31 desember tahun anggaran .
di dalamAPBN sering di cantumkan besarnya penerimaan danpengeluaran ,serta pembiayaandalam tahunan anggaran telah di cantumkan.




Penyusunan APBN






Tujuan APBN


penyusunan APBN memilki tjuan sebagai berikut antara lain :

% untuk memberikan arah bagi pemerintah dalam melaksanakan fungsi yangdi embannya.
% untuk melihat dan mengevakuasi kinerja pemerintah dalam upaya mensejah terakan masyarakat karena anggarannya di susun berdasarkan kinerja .
% sebagai sumber data yang akurat bagi rakya untuk mengevakuasi kinerja peerintahan .
% sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah dalam menggunakan pendapatan masyarakat yangdi pungut melalui pajak .



Fungsi APBN


APBN memiliki fungsi sebagai beikut antara lain ;
a. fungsi otoritas
adalah anggaran negera menjadi dasar untuk melaksanakan pendapatan dan belanja pada tahun yang bersangkutan
b. fungsi perencanaan
adalah anggaran negara menhadi pedoman dalam melaksanakan kegiatanpada tahun anggaran.
c. fungsi pengawasan
adalah anggarannegara menjadi pedoman untuk menilai apakah kegitan penyelenggaraan pemerintah sesuai dengan ketentuan yang telah di tetapkan
d. fungsi alokasi
adalah anggaran negara yang harussegera di arahkan untuk mengurangi pengangguran dan pemborosan sumber daya,serta meningkatkan efesiensi dan efektivitas perekonomian.
e. fungsi distribusi
adlah anggaran negara harus memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan .
f fungsi stabilisasi
adalah anggaran paerintah menjadi alat untuk memelihara dan mengupayakan keseimbangan fundamental perekonomian


sumber penerimaan dan pengeluarn di dalam APBN


penerimaan negaraadlah uang yang masuk ke kas negara .
di dalam APBN panerimaan nagara berasal berasal dari
penerimaan perpajakan dan penerimaan negara bukan pajak.

penerimaan perpajakan berasal dari dalam negeri dan pajak pedagang internasional .
pajak dalam negeri terdiri dari pajak penghasilan migas dan non migas .PPN dan PPnBM, PBB,BPHTP,cukai ,dan pajak lainnya
pajak perdagangan internasional berasal dari bea masuk dan pajak pengangkutan eksport.

penerimaan negara bukan pajak berasal dari sumer daya alam ,bagain pemerintah atas laba BUMN ,
dan panerimaan pajak bukan pajak lainnya .
k
penerimaam juga berasal dari hibah. hibah adalah pamberian dana dari negara lain tanpa keharusan untuk mengembalikannya.
PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA

Pengertian pembangunan ekonomi indonesia
Menurut beberapa ahli yang sudah melakukan pengamatan penbangunan ekonomi dapat di artikan sebagai berikut;
? Sebagi sesuatu proses multimensional ,yamg berarti pembangunan ekonomi melibatkan perubahan-perubahan yang cukup besar dalam berbagai hal meliputi struktur sosial ,sikap-sikap mental yang sudah terbiasa dan lembaga-lembaga nasional serta percepatan pertumbuhan serta pengurangan dan pemberantas kemiskinan absolut.
? a. Pertumbuhan yang merupakan realitas fisik yang berwujud dalam bentuk-bentuk produksi dan pendapatan
b. perubahan dalam cara berfikir yang tampak dalam perubahan kelembagaan sosial ,administrasi,sikap dan budaya.
? a.Produksi baik jumlh maupun jenisnya terus-menerus bertambah.
b.teknologi yang terus menerus berkembang
c.agar perkembangan ekonomi menjadi unsur yang tidak lepas dari pertumbuhan teknologi , dibutuhkan penyesuaian kelembagaan idiologi dan sikap hidup
? suatu usaha memperbesar pendapatan perkapita dan menaikan produktivitas per kapita dengn cara menambah modal dan keahlian .

dari definisi tersebut dapat di simpulkan bahwa pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan dalam pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan dengan menghitungb adanya pertanbahan penduduk disertai dengan adanya pertumbuhan fundamental (perubahan yang mendasar) dalam struktur ekonomi serta pemnangunan ekonomi yang bersifat kualitatif bukan hanya pertumbuhan produksi dalanm struktu produksi dan alokasi input pada berbagai sektor perekonoman seperti dalan lembaga , pengetahuan dan teknik

dari pengertian tersebut terkandung 4 unsur pembangunan ekonomi antar lain ;
a.proses perubahan terus- menerus
b.adanya perubahan sosial
c.meningkatkan GBN perkapita
d.berlangsung dalam jangka waktu yang panjang


faktor –faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi
a.faktor ekonomi
1.sumber daya alam
2 . sumber daya modal
3 keahlain atau kewirausahaan
b.faktor non ekonomi
kriteria pengukuran keberhasilan pembangunan ekonomi
• pandapatan nasional
• pendapatan perkapita
• distribusin pendapatan
• peranan sektor industri dan jasa
• kesempatan kerja
• stabilitas ekonomi
• neraca pembayaran luar negeri
panbangunan ekonomi di negara yang sedang berkembang dan negara maju
1.masalah pembangunan di negara yang sedang berkembang antara lain ;
? karangnya modal dan rendahnya kualitas penduduk
? kepincangan tingkat kebutuhan
? kepincangan distribusi pendapatan
? kelemahan kelembagaan

faktor pengfhambat penbangunan di NSB;
? adat istiadat yang derlaku
? sikap masyarakat yang statis
? konflik sosial
? kemogokan






2.ciri-ciri pembangunan di negara yang sedang berkembang
? produsen barang-barang primer
? masalah tekanan penduduknyang serius
? sumber alam banyak yang belum di olah
? masih banyak penduduk yang masih terbelakang
? kurngnya modal dan berorientasi pada pedagang luar negeri
perkembangan ekonomi negar maju
nagara maju adalah negara industri yang pendapatn perkapitanya tinggi (tingkat kemakmuran yang tinggi) dan dapat di artikan usaha untuk mempertahankan tingkat kemakmuran yang telah di capai

ciri-ciri negara maju antara lain ;
tingkat kehidupan yang cukup tinggi
memiliki sumberdaya manusia yang berkualitas
malaksanakan industri padat modal
melaksanakan produksi berteknologi tinggi
berstruktur ekonomi industri
berorientasi pada pedagang internasional
peluasan pasar serta produsen barang-barang skunder dan tersier

karakteristik negara maju dan sekaligus sebagai faktor pendorong pembangunann ekonomi antara lain;
o memiliki modal yang besar
o tingkatan investasi yang tinggi
o tingkatan produktivitas yang tinggi
o sebagian besar penduduknya bekerja di sektor produksi skunder dan tersier
o menguasai teknologi tinggi
o kegiatan produksi pasar madal
o memiliki banyak tenaga ahli serta mobilitas penduduk tinggi

sumber pembiayaan pembangunan dalam nageri antara lain ;
o tabungan sukarela masyarakat
o tabungan pemerintah
o tabungan paksa




o hasil perdagangan luar negeri
adapun sumberpembiayaan dari uar negeri ;
a. bantuan luar negeri adalah aliran modal dari luar negeri yang berupa bantuan dari pihak-pihak resmi seperti badan –badan internasional dan pemerintah negar lain.
aliran modal memiliki ciri aliran dana yang bukan didorong oleh tujuan mencari keuntungan dan dana yang telah di berikan atau di pinjamkan dengansyarat yang lebih ringan dibandingkan yang berlaku di pasar internasional
bantuan luarnegeri juga berfungsi untuk mengatasi kekurangan tabungan dan mengatasi masalah kekurangan mata uang asing dan sering sekali di sebut dengan masalah ganda yaitu
1 saving gap (jurang tabungan )
2.foreign exhange gap (jurang mata uang asing)
b.pinjaman dan penanaman modal
1penanaman modal langsung
2modal fortopolio
3pinjaman eksport

Kecepatan pembangunan ekonomi tehadap indonesia antara lain sebagai berikut;













NAMA ; ELSYA DESINAYA NELSON
KELAS ; 1EB06
NPM ; 26209453
INTERNET


SEJARAH INTERNET (cont)
Internet awlnya merupakan suatu rencana dari depatement amerika serikat (US DEPARTEMENT OF DEFENSE) pada sekitar tahun 60 an di mulai dari suatu proyek yang dinama kan ARPANET( advanced researc projects agency network) proyek ini telah berhasil menghubungkan 4 komputer di lokasi uniersitas yang berbeda yaitu ucla, standford,uc santa barbara dan univercity of utah . perkembangan aparnet ini sangat pesat jika di lihat dari perkembangan nya pada komputer pada saat itu.
Karena perkembangan nya sangat pesat jaringan komputer ini tidak dapat lagi disebut aparnet karena semakin banyak komputer dan jaringan –jaringan regional yang terhubung . dan konsep ini yang kemudian berkembang dan di kenal sebagai konsep internet working oleh karenaitu istilah internet menjadi semakin populer dan orang-orang menyebut jaringan komputer tersebut dengan istilah internet.
PERBEDAAN INTERNET DAN INTRANET
Internet adalah jaringan komputer yangb sangat globl yang cakupan nya meliputi seluruh dunia


Komponen-komponen internet ( komputer-omputer di internet terhubung ke berbagai media yaitu antaralain ;
Kabel ; menghubungkan peralatan komputer
Saluran telepon ;menghubungkan pengguna internet dangan perusahaan media internet
Satelit ; untuk transfer data



Pengguna internet
Pribadi ; pc di rumah-rumah yang tersebar di seluruh dunia
Organisasi; jaringan komputer universitas , instalasi pemerintah ,instalasi swasta dll yang ada di seluruh dunia . sedangkan
Intranet adalah istilah untuk pengguna teknologi internet dan www pada jaringan internal perusahaan
Konsep jarinan pada internet
Protokol
Router dan gateway
Metode pengamatan di internet
Host dan domain
Identitas di internet
Internet service provider
Band with
Konfigurasi koneksi
Server dan layanan atau pasilitas pada internet
E_MAIL

E_mail merupakan sumber daya internet yang paling penting dan paling banyak di pakai oleh semua kalangan di masa sekarang ini e_mail adalah surat elektronis yang lebih di kanal dengan sebutan e_mail .
Dengan menggunakan e_mail , setiap orang di internet dapat mengakses atau menstransmisikan suatu pesan teks ke siapapun juga yang ada di internet.
Elecrtonic mail
adalah suatu sarana komunikasi yang cukup handal , perbandingannya dengan e_mail adalah waktu pengiriman yang sangat cepat .
Proses penyampaian elecrtonic mail di analogikan dengan penyampaian surat oleh kantor pos dan giro proses ini di sebut “store and forward “
Mail akan di kirim menggunakan protocol-protokol tertentu hal ini di lakukan oleh message transfer agent (MTA)
Sedangkan untuk menbaca email ,user menggunakan agent yang lazim di sebut mail reader seperti ; pine elm PC-EUDORA MS outlook

Email disampaikan
Setelah pesan email dikirim ke prodiver , maka pesan itu akan berjaklan melalui lusinan komputer sebelum di sampaikan ke tujuan . disetiap tempat ,pesan tersebut di tahan sebentarb , sementara komputer merakit sejumlah pesan untuk di kirim ke tempat berikutnya atau bahkan ada penundaan sesaat , lalulintas di internet justru manjadi lebih efisien.

ARSITEKTUR E_MAIL
• Memiliki alamat yang unik
• Bukan pelayanan end to end (meai pengiriman dan penerimaan tidak perlu berkomunikasi secara langsung )
• Proses store and forward




KERUGIAN E_MAIL
• Email tidak selalu sampai ,kesalahan sedit saja pada alamat email nya dapat menggagalkan pengiriman
• Tidak semua orang bisa melihat email mereka secara teratur.



PROTOKOLN YANG DIGUNAKAN DALAM E_MAIL

• SIMPLE MAIL TRANSFER PROTOCOL
Digunakan dalam internet untuk mengirimkan elecrtonic mail , dan cara kerjanya menggunaka n port TCP no25 STMP menggunakan beberapa spool dan queue . pasn yang di kirimkan oleh stmp akan di kirimkan dalam queue stmp akan menghindari membalas pesan dari queue jika di hubungkan ke remote machine dan jika pesan tidak dapat di balasb dengan waktu yang telah di tentukan maka pesan akan di kembalikan pada si pengirim atau di pindahkan .interaksi antara message ke user agent ke message transfer agent hingga di terima oleh si penerima

POP(POST OFFICE PROTOCOL)

Suatu protocol yang diranncang untuk mengirimkan pesan e_mail dari server ke mail client . user yang mempunyain mail menyimpan dalam mail box pada server . user dalam hal ini adalah pop client mrngakses pesan yang di simpan menggunakan pop . menjawab atau membuat mail baru di gerakan oleh client yang menyimpan melalui stmp . mail di kirim dari client yang tidak memerlukan host yang ylain untuk mengirimkan mail atau mengirim mail langsung ke penerima jarak jauh .pop server juga tidak relay mail untuk client.


ALAMAT E__MAIL

Bentuk pengalamatan e_mail
Nama user @nama-host.nama domain
Contoh : naya _maniss@yahoo.com


TAMPILAN LAYAR E_MAIL

To ;syaa _ jeyeek@yahoo.co.id ( berisi alamat email)
From;emmaberisi pop dan nama yang sebenarnya
subject;berisi topik dalam surat
cc;karbon copy untuk mengimkan ke alamat yang lain
bcc ;blank karbon copy untuk mengirimkan ke alamat lain tanpa penerima mengetahui alamat yang di kirimkan tersebut
attachmaent ; untuk mengimkam file

PEMAKAIAN E_MAIL
Menjalankan program e_mail
Mengirimkan surat
Membaca surat yang masuk
Membalas surat
Menghapus surat
Keluar dari [program

MENJALANKAN PROGRAM EMAIL
Pada saat memulai program seperti layaknya program yang lain yaitu dengan mengklik ganda sebuah icon atau dengan memilih nama program tersebut dari sebuah menu setelah memulai berjalan , program email akan memperlihatkan isi dari mail box atau memperlihatkan daftar seluruhb kotak surat yang ada.

MAILLING LIST
Merupakan sarana internet yang memungkinkan untuk mengirim email ke sejumlah besar orang
Biasanya berfungsi sebagaiforum diskusi untuk orang-orang yang tertarik pada topik-topik yang sama.

Contoh alamat mailling list jika tertarik dengan dunia musik maka dapat melihat list of musical mailling lists yang selalu di perbaharui secara teratur
http;//server.barkeley.edu/ayukawa/lomml.html
Akuntansi perusahaaan dagang


Kas keluar penjualan

Produsen perusahaan dagang konsumen

pembelian kas masuk

tanpa merubah bentuk barang

perkiraan akun-akun ;
? Pembelian
? Penjualan
? Beban
a.pemasaran
b. administrasi
? Retur pembelian dan penjualan
? Potongan tunai pembelian dan penjualan

Metode pencatatan dalan akun perusahaan deagang

1. periodik /phisik
Pembelian
Kas
2. perfpectual
Persediaan {pembelian}
Kas
Kas { penjualan}
Persediaan

Hhp (harga pokok penjualan)

Adalah harga beli pokok / pokokmbarang yang di jual

Selasa, 09 Maret 2010

anggaran pendapatan dan belanja negara

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, atau disingkat APBN, adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara Indonesia yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat. APBN berisi daftar sistematis dan terperinci yang memuat rencana penerimaan dan pengeluaran negara selama satu tahun anggaran (1 Januari - 31 Desember). APBN, Perubahan APBN, dan Pertanggungjawaban APBN setiap tahun ditetapkan dengan Undang-Undang.

Tahapan penyusunan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban APBN

Penyusunan APBN

Pemerintah mengajukan Rancangan APBN dalam bentuk RUU tentang APBN kepada DPR. Setelah melalui pembahasan, DPR menetapkan Undang-Undang tentang APBN selambat-lambatnya 2 bulan sebelum tahun anggaran dilaksanakan.

Pelaksanaan APBN

Setelah APBN ditetapkan dengan Undang-Undang, pelaksanaan APBN dituangkan lebih lanjut dengan Peraturan Presiden.

Berdasarkan perkembangan, di tengah-tengah berjalannya tahun anggaran, APBN dapat mengalami revisi/perubahan. Untuk melakukan revisi APBN, Pemerintah harus mengajukan RUU Perubahan APBN untuk mendapatkan persetujuan DPR.Perubahan APBN dilakukan paling lambat akhir Maret, setelah pembahasan dengan Badan anggaran DPR[2].

Dalam keadaan darurat (misalnya terjadi bencana alam), Pemerintah dapat melakukan pengeluaran yang belum tersedia anggarannya.

Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBN

Selambatnya 6 bulan setelah tahun anggaran berakhir, Presiden menyampaikan RUU tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBN kepada DPR berupa Laporan keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan.

Teori mengenai APBN

Fungsi APBN

APBN merupakan instrumen untuk mengatur pengeluaran dan pendapatan negara dalam rangka membiayai pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan, mencapai pertumbuhan ekonomi, meningkatkan pendapatan nasional, mencapai stabitas perekonomian, dan menentukan arah serta prioritas pembangunan secara umum.

APBN mempunyai fungsi otorisasi, perencanaan, pengawasan, alokasi, distribusi, dan stabilisasi. Semua penerimaan yang menjadi hak dan pengeluaran yang menjadi kewajiban negara dalam suatu tahun anggaran harus dimasukkan dalam APBN. Surplus penerimaan negara dapat digunakan untuk membiayai pengeluaran negara tahun anggaran berikutnya.

  • Fungsi otorisasi, mengandung arti bahwa anggaran negara menjadi dasar untuk melaksanakan pendapatan dan belanja pada tahun yang bersangkutan, Dengan demikian, pembelanjaan atau pendapatan dapat dipertanggungjawabkan kepada rakyat.
  • Fungsi perencanaan, mengandung arti bahwa anggaran negara dapat menjadi pedoman bagi negara untuk merencanakan kegiatan pada tahun tersebut. Bila suatu pembelanjaan telah direncanakan sebelumnya, maka negara dapat membuat rencana-rencana untuk medukung pembelanjaan tersebut. Misalnya, telah direncanakan dan dianggarkan akan membangun proyek pembangunan jalan dengan nilai sekian miliar. Maka, pemerintah dapat mengambil tindakan untuk mempersiapkan proyek tersebut agar bisa berjalan dengan lancar.
  • Fungsi pengawasan, berarti anggaran negara harus menjadi pedoman untuk menilai apakah kegiatan penyelenggaraan pemerintah negara sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian akan mudah bagi rakyat untuk menilai apakah tindakan pemerintah menggunakan uang negara untuk keperluan tertentu itu dibenarkan atau tidak.
  • Fungsi alokasi, berarti bahwa anggaran negara harus diarahkan untuk mengurangi pengangguran dan pemborosan sumber daya serta meningkatkan efesiensi dan efektivitas perekonomian.
  • Fungsi distribusi, berarti bahwa kebijakan anggaran negara harus memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan
  • Fungsi stabilisasi, memiliki makna bahwa anggaran pemerintah menjadi alat untuk memelihara dan mengupayakan keseimbangan fundamental perekonomian.

[sunting] Prinsip penyusunan APBN

Berdasarkan aspek pendapatan, prinsip penyusunan APBN ada tiga, yaitu:

  • Intensifikasi penerimaan anggaran dalam jumlah dan kecepatan penyetoran.
  • Intensifikasi penagihan dan pemungutan piutang negara.
  • Penuntutan ganti rugi atas kerugian yang diderita oleh negara dan penuntutan denda.

Sementara berdasarkan aspek pengeluaran, prinsip penyusunan APBN adalah:

  • Hemat, efesien, dan sesuai dengan kebutuhan.
  • Terarah, terkendali, sesuai dengan rencana program atau kegiatan.
  • Semaksimah mungkin menggunakan hasil produksi dalam negeri dengan memperhatikan kemampuan atau potensi nasional.

Azas penyusunan APBN

APBN disusun dengan berdasarkan azas-azas:

  • Kemandirian, yaitu meningkatkan sumber penerimaan dalam negeri.
  • Penghematan atau peningkatan efesiensi dan produktivitas.
  • Penajaman prioritas pembangunan
  • Menitik beratkan pada azas-azas dan undang-undang negara




Satu masa telah terlewati
Benci dan rindu merasuk di kalbu kuu yang amat sangat dalam
Ada apakah dengan cintaku ini
Sulit untuk aku ungkap semua nya
Jangan pernah engkau tutup bibir indah mu itu
Bicarakan semuanya yang pernahh kau rasakan
Cinta itu yand dapat kita rasakan
Bila sengsara hati kan merana
Wahai pujangga cinta ku
Biar membelai indah
Telaga di kalbuku ini..
Jujurlah pada hatimu
Ada apa dengan cinta


monyet sikatt giigi




BANGKOK,- Pemandangan unik bakal ditemui di sekitar Vihara Lopburi, Thailand karena kawanan monyet di sana begitu mahir membersihkan sela-sela giginya layaknya menggunakan dental floss. Bahkan, kemampuan tersebut kelihatannya diturunkan dari induk ke anak-anaknya.

Hasil penelitian teranyar menunjukkan induk betina akan mendemonstrasikan cara membersihkan gigi menggunakan rambut manusia kepada anak-anaknya. Entah sejak kapan dan siapa yang mengajari, monyet-monyet jenis makaka itu sering mencabut rambut pengunjung vihara untuk dijadikan alat pembersih giginya.

Hampir 50 monyet yang telah menjadikan hal tersebut sebagai kebiasaan. Sebelum menggunakan rambut manusia, monyet-monyet di sana juga punya kebiasaan membersihkan gigi menggunakan serabut kelapa atau ranting pohon.

Ahli primata Nobuo Masataka dari Universitas Kyoto Jepang berhasil mengamati perilaku tersebut. Untuk menarik perhatian monyet-monyet tersebut, ia melemparkan rambut wig sepanjang 22 centimeter di dekat kawanan monyet. Fokus perhatian diberikan kepada tujuh ekor induk betina yang masih menyusui anaknya.

Rekaman menunjukkan monyet-monyet betina melakukan ritual pembersihan gigi di depan anaknya dua kali lebih lama dari biasanya. Masing-masing juga beristirahat sejenak dan mengulang-ulang perilakunya di depan anak-anaknya.

"Mirip sekali dengan penekanan perilaku yang terjadi pada manusia antara ibu dan anak-anaknya," ujar Masataka. Ia mengatakan hal tersebut menunjukkan bahwa pendidikan merupakan ciri khas primata yang muncul sejak lama.

Jika dianalisis secara genetik, struktur DNA monyet makaka dan manusia diperkirakan terpisah sejak 25 juta tahun lalu. Penelitian lebih lanjut mungkin dibutuhkan untuk memastikan apakah anak-anak monyet memang belajar dari induknya untuk melakukan hal tersebut.

Senin, 08 Maret 2010

Monyet

Monyet adalah istilah untuk semua anggota primata yang bukan prosimia ("pra-kera", seperti lemur dan tarsius) atau kera, baik yang tinggal di Dunia Lama maupun Dunia Baru. Hingga saat ini dikenal 264 jenis monyet yang hidup di dunia. Tidak seperti kera, monyet biasanya berekor dan berukuran lebih kecil. Monyet diketahui dapat belajar dan menggunakan alat untuk membantunya dalam mendapatkan makanan.

Pengelompokan monyet bersifat parafiletik, karena monyet Dunia Lama (Cercopithecoidea) sebenarnya lebih dekat kekerabatan genetiknya dengan kera (Hominidae), daripada monyet Dunia Baru (Platyrrhini).

Monyet terbesar adalah mandrill. Beberapa monyet dalam bahasa sehari-hari juga sering disebut sebagai kera.

Beberapa monyet telah dimanfaatkan manusia sebagai hewan timangan atau hewan untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) adalah hewan yang paling biasa berinteraksi dengan manusia dan sering dipelihara sebagai hewan timangan, hewan sirkus, atau percobaan laboratorium. Ia juga primata pertama yang pernah ke angkasa luar. Beruk dipelihara di beberapa tempat di Sumatera dan Malaya untuk dilatih sebagai pemetik kelapa.

rindu


aku mrindukanmu
ketika aku tahu kau tlah jauh berlalu
aku mencari bayanganmu
ketika malam tak lagi menampakkan wajahmu
aku memanggil namamu
diantara gelapnya hutan tak berlampu
kais,
dimanakah dirimu?
dimana kau sembunyikan wajahmu?
aku rindu

Palapa Ring

Palapa Ring adalah suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 33 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer.

Daftar isi


Latar belakang

Sistem komunikasi di era digital ini, menuntut adanya efisiensi dalam pengiriman informasi dari narasumber kepada penerima. Efisiensi itu berupa kecepatan waktu dalam pengiriman pesan. Perkembangan komunikasi yang menuntut adanya efisiensi waktu ini, kemudian mendorong para ahli untuk menemukan teknologi-teknologi perantara baru yang dapat memfasilitasi keinginan-keinginan tersebut. Kabel menjadi salah satu benda yang disorot. Pengembangan tembaga menjadi serat optik menjadi salah satu temuan mutakhir yang meningkatkan efisiensi waktu dalam sistem komunikasi. Dengan serat optik, narasumber dapat mengirimkan informasi dengan kapasitas yang besar baik itu besaran data maupun kecepatan.

Perubahan yang fenomenal ini telah membawa sebuah revolusi dalam komunikasi. Dengan perubahan ini, keterbukaan informasi dapat memberikan dampak yang baik bagi bangsa dan negara. Melalui sistem komunikasi yang baik, pemerintah dan rakyatnya akan terhubung satu dengan yang lainnya dalam rangka saling memberikan masukan.

Serat Optik

Serat optik adalah saluran transmisi yang terbuat dari kaca atau plastik yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Cahaya yang ada di dalam serat optik sulit keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara. Sumber cahaya yang digunakan adalah laser karena mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi. Serat optik umumnya digunakan dalam sistem telekomunikasi serta dalam pencahayaan, sensor, dan optik pencitraan.

Serat optik terdiri dari 2 bagian, yaitu cladding dan core. Cladding adalah selubung dari core. Cladding mempunyai indeks bias lebih rendah dari pada core. Nantinya, bagian core ini akan memantulkan kembali cahaya yang mengarah keluar dari core kembali kedalam core lagi. Sebagai catatan, efisiensi dari serat optik ditentukan oleh kemurnian dari bahan penyusun gelas. Semakin murni bahan gelas, semakin sedikit cahaya yang diserap oleh serat optik.

Reliabilitas dari serat optik dapat ditentukan dengan satuan BER atau Bit Error Rate. Salah satu ujung serat optik diberi masukan data tertentu dan ujung yang lain mengolah data itu. Dengan intensitas laser yang rendah dan dengan panjang serat mencapai beberapa km, maka akan menghasilkan kesalahan. Jumlah kesalahan persatuan waktu tersebut dinamakan BER. Dengan diketahuinya BER maka, jumlah kesalahan pada serat optik yang sama dengan panjang yang berbeda dapat diperkirakan besarnya.

Palapa Ring

“Selama aku belum menyatukan Nusantara, aku takkan menikmati palapa. Sebelum aku menaklukkan Pulau Gurun, Pulau Seram, Tanjungpura, Pulau Haru, Pulau Pahang, Pulau Dompo, Pulau Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, aku takkan mencicipi palapa."

(Sumpah Palapa - Patih Gajah mada Sejarah

Terinspirasi oleh sejarah bangsa, pemerintah Indonesia menggunakan “Palapa Ring” sebagai nama proyek pembangunan infrastruktur jaringan tulang punggung bagi telekomunikasi nasional. Cikal bakal dari Palapa Ring adalah ”Nusantara 21” yang merupakan proyek awal pemerintah pada 1998. Namun, krisis ekonomi yang melanda Indonesia membuat proyek tersebut tidak berjalan. Januari 2005, pada ajang Infrastructure Summit I, wacana pembangunan infrastruktur telekomunikasi kembali mencuat ke permukaan.

Setelah Nusantara 21 tenggelam, muncul ide Cincin Serat Optik Nasional (CSO-N) yang diprakarsai oleh PT Tiara Titian Telekomunikasi (TT-Tel). Aplikasi tersebut merupakan jaringan kabel kasar bawah laut berbentuk cincin terintegrasi berisi frekuensi pita lebar yang membentang dari Sumatra Utara hingga Papua bagian barat dengan perkiraan panjang sekitar 25.000 km. Setiap cincin akan meneruskan akses frekuensi pita lebar dari satu titik ke titik lainnya di setiap kabupaten. Akses tersebut akan mendukung jaringan serat optik pita lebar berkecepatan tinggi dengan kapasitas 300 gbps hingga 1.000 gbps di daerah tersebut.

Pemerintah kemudian mempopulerkan gagasan tersebut dengan nama Palapa O2 Ring. Akan tetapi karena mirip dengan merek dagang salah satu ponsel, pemerintah merubah nama proyek serat optik ini menjadi Palapa Ring.

Deskripsi

Palapa Ring adalah suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 33 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, sedangkan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer.

Rencana pemerintah, Palapa Ring merupakan jaringan serat optik pita lebar yang berbentuk cincin yang mengitari tujuh pulau, yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua, serta delapan jaringan penghubung dan satu cincin besar yang mengelilingi Indonesia baik lewat dasar laut atau pun lewat daratan.

Berdasarkan tulisan Direktur Jendral Pos dan Telekomunikasi, Basuki Yusuf Iskandar, pada Desember 2007, “Perkembangan Teknologi Komunikasi”, manfaat Palapa Ring bagi pembangunan Indonesia adalah :

  • ketersediaan layanan komunikasi dari voice hingga broadband sampai seluruh kota/kabupaten
  • akan terjadi efisiensi investasi yang akan mendorong tarif telekomunikasi semakin murah
  • terjadi percepatan pembangunan dalam sektor komunikasi khususnya di Indonesia Bagian Timur, dan akan mendorong bertumbuhnya varian penyelenggara jasa telekomunikasi dan jasanya.
  • keberadaan aplikasi seperti distance learning, telemedicine, e-government, dan aplikasi lainnya, dapat diimplementasikan hingga mencapai kota/kabupaten.

Sebagai tambahan, harapan pemerintah adalah setelah pembangunan Palapa Ring selesai, kapasitas e-learning sebesar 155 mega meningkat hingga 300 giga.

Pembangunan Palapa Ring

Sebelumnya, proyek Palapa Ring dimulai dengan penandatangan hasil konsorsium5 Juli 2007 oleh tujuh operator telekomunikasi. Perusahaan operator telekomunikasi yang terlibat itu PT Bakrie Telecom Tbk, PT Excelcomindo PratamaIndosat Tbk, PT Infokom Elektrindo, PT Macca System Infocom, PT Powertek Utama Internusa, dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom). Pembangunan serat optik di KIT adalah sepanjang 10.000 kilometer yang dimulai pada 2008 dan memakan biaya Rp 4 triliun. Tbk, PT untuk pembangunan jaringan serat optik di Kawasan Indonesia Timur (KIT) pada Jumat

Setelah itu, tender Palapa Ring skala nasioanal dibuka kembali oleh pemerintah pada Oktober 2007 yang sebelumnya di dahului oleh penyelesaian dokumen tender pada September. Setelah penandatanganan kontrak dengan para pemenang tender pada November 2007, pembangunan dilakukan pada pertengahan 2008 dan diprediksikan selesai 2013.

Investasi pembangunan Palapa Ring sepenuhnya berasal dari operator telekomunikasi anggota konsorsium, tidak ada dana yang berasal dari Anggaran Pembangunan dan Belanja Negara (APBN). Dalam proyek pembangunan Palapa Ring tersebut porsi investasi Telkom sebesar 40%, sedangkan anggota konsorsium lainnya sebesar 13,3%, kecuali satu anggota konsorsium sekitar 6,4%. Dengan penyertaan dana 40%, Telkom mendapatkan kuota kapasitas terbesar yakni setara 40 Gbps dari total kapasitas Palapa Ring sekitar 85 Gbps.

Pranala luar

Referensi

  • Mirabito, M.A.M. & Morgenstern, B.L.; New Communication Technology: Applications, Policy, and Impact; Bab 5th, The Magic Light : FIber-Optic Systems. 5th Edition, UK: Focal Press, 2004