Senin, 01 Februari 2010

tugass

nama; elsya desinaya nelson
npm;26209453
kelas; 1eb06



a.manajemen
menurut para ilmuan pengertian manajemen antaralain ;
Manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan ,mengoganisasi,mengarahkan,mengoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan
Seni untuk mencapai sesuatu melalui aktivitas orang lain
Ilmu karena berusaha secara sistematis memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk mencapai tujuan
Proses erencanaan ,pengorganisasian , pengarahan ,pengendalian anggota organisasidengan menggunakan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan

Fungsi manajemen
a. Perencanaan
b. Pengorganisasian
c. Pengarahan
d. Pengendalian
b.perencanaan
 pengertian perencanaan ;
 Adalah sebagian keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara matang dari pada hal-hal yang akan di kerjakan di masa yang akan datang dalam rangka pencapaian tujuan yang telahn ditetapkan
 Adalah penentuan segala sesuatu sebelum dilakukan kegiatan – kegiatan
Ada 2 alasan kenapa perencanaan itu sangat penting ;
• Potective benefits
• Positive benefits

Perencanaan yang baik dapat memberikan keuntungan ;

• Dapat mengidentifikasi peluang di masadepan
• Mengantisipasi dan menghindari permasalahan di masa depan
• Mengembangkan rangkaian langkah strategi dan taktik
Bentuk-bentuk perncanaan
o Tujuan
Suatu sasarn dimana kegiatan di arahkan dan diusahakan untuk sependapat yang mungkin di capai dalam jangka waktu tertentu
o Kebijakan
Suatu pernyataan / pengertian untuk menyalurkan fikiran dalam pengambilan keputusan terhadap tindakan untuk mencapai tujuan

o Strategi
Tindakan penyesuaian dari rencana yang telah di buat
o Prosedur
Rangkaian tindakan yang di laksanakan untuk mempermudah kegiatan perusahaan
o Aturan
suatu tindkan yang spesifik dan merupakan bagian dari prosedur
o Program
Kombinasi antara kebijakan ,prosedur,aturan dan pemberian tugas yang disertai anggaran

Perencanaan dapat di bedakan menjadi 2 antara lain ;

o Perencanaan strategis
Suatu proses untuk menganalisis dan mengmbil keputusan yang berkenaan dengan misi ,sasaran ,strategi dan alokasi sumber daya
o Perencanaan taktis
Suatu upaya yang langkah-langkah nya berfungsi untuk mencapai tujuan perencanaan yang strategis dalam waktu jangka pendek, mencakup; apa ,siapa, dan Bagaimana.

c. Pengorganisasian

suatu proses penciptaan hubungan antara berbagai fungsi ,personaliadan faktor-faktor fisik agar semua pekerjaan yang di lakukan dapat bermanfaat serta terarah pada suatu tujuan

pengorganisasian yang baik memberikan beberapa keuntungan amtaralain ;
 Dapat terbina suatu hubungan yang baik antara anggota organisasi sehingga akan mempermudah dalam pencapaian tujuan
 Setiap anggota organisasi dapat mengetahui dengan jelas tugas dan kewajiban serta tanggungjawabnya.

d.pengarahan
merupakan aspek hubungan manusiawi dalam kepemimpinan yang mengikat para bawahan untuk bersedia mengerti dan menyumbangkan tenaga secara efektif untuk mencapai tujuan
a motivasi
pemberian motivasi kepada karyawan untuk dapat bekerja sedemikian rupa sehingga tujuan organisasi dapat dapat tercapai secara efektif dan efisien.
Ada 2 jenis motivasi antara lain ;
1. motivasi positif
2. motivasi negatif
b.kepemimpinan
adalah kemampuan seseorang untukmempengaruhi,memotivasi dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu .
dan seorang pemimpin memiliki keterampilan sbb;
o berbagi kekuaaan
o instuisi
o pemahaman diri
o tampakan
3 tingkatan manajemen antara lain;
o manajemen tertinggi
o manajemen menengah
o manajemen pelaksana

c.komunikasi
merupakanproses penyampaian informasi dari pengirim kepada penerima sehingga informasinya dapat di pahami oleh penerima

o sarana untuk memadukan aktivitas yang terorganisir
o sarana penyaluran masukan posisi dalam sistem social
o sarana untuk memodifikasi prilaku ,mempengaruhi perubahan dan sarana untuk mencapai tujuan .
3 macam komunikasi yaitu antaralain ;
komunikasi bawahan
komunikasi atasan
komunikasi horizontal
e.pengendalian
merupakan aktivitas untuk menemukan ,mengoreksi adanya penyimpangan dari hasil yang telah di capai,dibandingkan dengan rencana kerja yang telah ditetapkan sebelumnya.

langkah-langkah dalam proses pengendalian ;
manetapkan standart dan metode
mengukur prestasi kerja
menentukan apakah prestasi kerja dan memenuhi standart
mengambi tindakan dan kereksi




b.organasasi
organisasi yaitu alat managejemen untuk mencapai tujuan
organisasi merupakan bentuk perserikatan untuk mencapai tujuan bersama.
Faktor- faktor organisasi ;
• Adanya kelompok orang
• Adanya hubungan dan pembagian kerja di antara mereka
• Adanya tujuan yang ingin di capai
Pelaksanaan organisasi antara lain ;
1.organisasi formal
Beberapa faktor penting organisasiantara lain;
• Wewenang
• Tanggungjawab
• Pertanggungjawaban
• Delegasi
• Koordinasi
2.organisasi informal
Bentuk struktur organisasi ada 6 yaitu;
 Organisasi lini /garis
 Organisasi fungsional
 Organisasi lini & staff
 Organisasi fungsional & lini
 Organisasi matrik
 Organisasi komite

Tidak ada komentar:

Posting Komentar