Senin, 19 April 2010

quiss pengantar management 2

Pengantar management


Bapak joko atmojo , salah sseorang manager penjualan lapangan pada perusahaan PT logam industri telah di promosikan ke kantor pusat dengan jabatan sebagai asisten manager produk untuk sekelompok produk yang relatif belum ia kenal . segera setelah ia memulai jabatannya yang baru ini salah satu wakil derektur utama perusahaan tersebut memanggil para manager produk dan staff lainnya untuk mengadakan sebuah rapat guna menyusun strategi-strategi pemasaran . atasan joko , yakni manager produk tidak dapat hadir dalam rapat itu sehingga direktur pemasaran ,suhardiman , mengundang joko mengikuti rapat tersebut untuk menbantu mengarahkannya pada jabatan atau pekerjaan joko yang baru . oleh karena itu rapat di hadiri banyak orang , suhardiman hanya secara sepintas memperkenalkan joko kepada suharto . setelah rapat di mulai suharto seorang kawakan dengan reputasi kekasaran nya mulai mengajukan serangkaian pertanyaan yang menyelidik , yang hanya manager produk yang terbaik yang bisa mnjawab secara terperinci . tiba-tiba ia berbalik kepada joko dan mulai menanyai dengan mulai teliti tentang kelompok produknya . agak membingungkan joko mengakui bahwa ia benar-benar tidak tahu jawabannya.
Segera menjadi jika bagi suhadirman bahwa suharto lupa atau tidak memahami bahwa joko masih baru dengan pekerjaannya dan mengikuti rapat tersebut agar memperoleh orientasi yang lebih jauh baginya,ia hampir saja memberikan suatu penjelasan yang berhati-hati ketika suharto, nampak menyimpulkan dengan apa yang ada pada pendapatnya merupakan tidak adanya persiapan dari joko , membentuk sodara baru saya saudara lihat sebuah contoh pekerjaan sifat yang jelek , dan tiada maaf bagi pekerjaan seperti itu .
Suhadirman karno segera segera mengambil keputusan ,pertama ia dapat menyela suharto dan menyatakan bahwa suharto telah secara tidak adil menilai joko , tetapi hal itu dapat memalukan bagi atasan nya maupun bawahan nya.
Ada jalan lain , ia menunggu setelah rapat selesai dan memberikan suatu penjelasan pribadi sepanjang dengan cepat suharto menjadi terpikat pada pembicaraan yang lain . suhardiman mengikuti pendekatan yang kedua . melirik kepada joko ,suhardiman tahu bahwa wajah joko tampak merah bercampur cemas .
Setelah berpandangan mata ,suhardiman berkedip kepada joko sebagai jaminan yang bijkasana bahwa ia mengerti dan bahwa apa yang jelek dapat di perbaiki .




Satu jam kemudian suharto ,terus terang tidak puas dengan apa yang di perolehnya disebut “ perencanaan yang tidak memadai dari bagian pemasaran pada umumnya dengan tiba-tiba menyatakan rapat selesai setelah itu ia berbalikkepada suhardiman dan meminta agar suhardiman tetap di tempat sebentar . sama sekali tak di duga suhardiman , suharto dengan serta merta mengajukan pertanyaan tentang joko kapadanya . suharto rupanya ingin menunjukan bahwa ia mempunyai alasan yang kuat untuk meminta suhardiman tidak keluar dulu dari ruang rapat ,”begini katanya kepada suhardiman “ saya ingin dengan sejujur-jujurnya anda menjawab “lanjutnya “.apakah menurut anda , tadi saya terlalu kasar pada si bocah itu ?
Hening sejenak ,lalu suhardiman berkata “ iyaa betul begitu saya ingin membecarakan hal itu dengan anda . suharto lalu menjelaskan bahwa kenyataan bahwa joko baru dalam pekerjaan nya dan tidak di tunjukan dengan sebagai mana mestinya tak kala mereka di perkenalkan ,dan hanya beberapa lama setelah omelannya sendiri yang meledak-ledak itu mulai berfikir olehnya bahwa apa yang telah di lakukannya itu tidak pantas serta tidak adil . ia lalu bertanya lagi kepada suhardiman ,”seberapa jauh anda mengenalnya ?”apakah saya menyakitinya ?”
Sejenak suhardiman memperhatikan air muka atasannya . kemudian ia menjawab datar “saya mengenalnya betul ,tapi ya saya berfikir anda menyakitinya .
Ah masa bodoh ,itu tidak bisa di maaffkan “kata suharto, lalu ia menelpon sekertarisnya untuk menghubungi dan meminta meminta joko segera melapor ke kantornya .beberapa saat kemudian joko datang ,tampak bingung serta gelisah . begitu masuk suharto berdiri dari balik mejanya , kemudian menemuinya di ruangan tengah kantor tersebut sambil berhadap-hadapan dengan joko yang baru berusia 20 tahun dan 4 tingkat dibawah suharto dalam organisasi itu ,suharto berkata”begini saya telah melakukan suatu ketololan dan saya ingin minta maaf ,saya tidak punya hak untuk memperlakukan anda seperti itu ,seharusnya saya ingat anda masih baru dalam pekerjaan anda ,tetapi saya lupa maafkan saya.
Joko atmojo bingung , ia berkomat –kamit terimakasih atas permintaan maaf itu .”selama anda di sini , hai anak muda –muda”lanjut suharto di hadapan bos dari bos anda , saya ingin menjelaskan seberapa hal kepada anda , pekerjaan anda ialah memastikan bahwa orang seperti saya sendiri tidak akan mengambil keputusan yang jelek .
Kami berpendapat bahwa anda memenuhi syarat untuk pekerjaan anda , kalau tidak pasti anda tidak akan kami bawa kesini tetapi untuk memahami pekerjaan apapun tantang produk-produk anda sambil mengulurkan tangan nya lalu berjabat tangan lalu berjabat tangan dengan anak muda itu , suharto berkedip “ sepenuhnya saya percaya pada anda . dan terimakasih atas kesediaan anda untuk memberikan kesempatan kapada saya guna memperbaiki suatu kesalahan yang betul-betul tolol “





Pertanyaaan .....!!!
1. menurut pendapat anda apakah pengaruh dari kejengkelan –kejengkelan suharto yang di tunjukan pada rapat itu terhadap joko dan manager- manager lainnya ?
2. apakah tepat suharto meminta maaf kepada joko atau ia cukup meninggalkan sendiri ?
3.manurut anda , apa arti permintaan maaff itu bagi joko ?
4. apakah yang di miliki suharto sebagai seorang manager (atasan ) ? dan sebagai bawahan ?
5.bagaimanakah cara suharto menetapkan tanggung jawab joko sebagai seorang asisten manager produk ? dan bagaimana cara ia menetapkan perannya sendiri sebagai manager puncak ?
6.dari hubungam antara tingkatan-tingkatan managemen pada perusahaan tersebut , aspek apakah tang paling penting?
Jawaban ....!!!

1. menurut saya sangat berpengaruh sekali untuk para karyawan yang berada pada yang hadir dalam rapat tersebut , dapat memicu emosi si joko tetapi joko hanya bisa terdiam karena memeng si joko memang melakukan kesalahan yang sangat fatal sehingga suharto marah besar kepadanya .
2. ya sangat tepat sekali suharto meminta maaf kepada joko karena suharto tidak seharusnya marah-marah kepada joko soal nya suharto tidak memberitahukan joko sebelumnya / memberikan pelatihan kepada joko supaya joko bisa berlatih untuk mempersiapkan pidato pada rapat tersebut karena memeng joko baru kerja di situ, dan joko tidak meninggalkan suharto karena joko tau bahwa itu adalah kesalahan joko juga.
3.joko tahu bahwa suharto tulus meminta maaf kepada nya , karena suharto tau dirinya begitu kasar dan menyakiti hati joko , dan ia juga sadar bahwa joko sangat beru untuk bekerja di tempatnya itu dan suharto seharusnya dia juga memberikan pelatihan terlebih dahulu kepada joko agar dia tidak di permalukan di depan umum oleh karyawan nya dalam rapat , dan suharto pun sangat betuh/perlu jasa nya joko untuk membantu ia dalan perusahannya itu dan joko pun memaafkan suharto.
4. yang di miki suharto sebagai manager adalah kekuasaan dalam perusahaan dan suharto memegang peranan yang sangat besar atas tanggungjawabnya sebagai manager , sedangkan yang di miliki joko hanya keahlian yang di butuhkan di perusahaan suharto dan joko sadar ai baru di anggkat / bekerja di tempat suharto dan joko memiliki hati yang sabar walaupun ia di marahi atasannya tapi ia masih memaafkan suharto.






5. cara suharto menetapkan joko sebagai asisten manager antara lain ;
• di berikan pelatihan supaya joko terbiasa / bisa mengerjakan pekerjaan baru nya
• di beri pengenalan pada lingkungan kerjanya
• harus mengetahui apa pun yang berkaitan dengan suharto
• percaya sepenuhnya kapada asisten (joko)
• pada saat suharto marah sebaiknya joko tau apa yang harus ia lakukan saat suharto marah dll.
Cara suharto menetapkan diri sebagai manager puncak antara lain ;
• Suharto harus tegas kepada asistennya
• Kalau joko melakukan kesalahan harus di bilangin
• Bertanggung jawab atas yang ia perbuat

6. semua aspek sangat penting ; dari tingkatan management puncak ,Tingkatan management menengah , hingga Tingkatan management bawahan karena tingkatan management ini berhubungan sangat erat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar