Minggu, 21 Maret 2010

E_MAIL

E_mail merupakan sumber daya internet yang paling penting dan paling banyak di pakai oleh semua kalangan di masa sekarang ini e_mail adalah surat elektronis yang lebih di kanal dengan sebutan e_mail .
Dengan menggunakan e_mail , setiap orang di internet dapat mengakses atau menstransmisikan suatu pesan teks ke siapapun juga yang ada di internet.
Elecrtonic mail
adalah suatu sarana komunikasi yang cukup handal , perbandingannya dengan e_mail adalah waktu pengiriman yang sangat cepat .
Proses penyampaian elecrtonic mail di analogikan dengan penyampaian surat oleh kantor pos dan giro proses ini di sebut “store and forward “
Mail akan di kirim menggunakan protocol-protokol tertentu hal ini di lakukan oleh message transfer agent (MTA)
Sedangkan untuk menbaca email ,user menggunakan agent yang lazim di sebut mail reader seperti ; pine elm PC-EUDORA MS outlook

Email disampaikan
Setelah pesan email dikirim ke prodiver , maka pesan itu akan berjaklan melalui lusinan komputer sebelum di sampaikan ke tujuan . disetiap tempat ,pesan tersebut di tahan sebentarb , sementara komputer merakit sejumlah pesan untuk di kirim ke tempat berikutnya atau bahkan ada penundaan sesaat , lalulintas di internet justru manjadi lebih efisien.

ARSITEKTUR E_MAIL
• Memiliki alamat yang unik
• Bukan pelayanan end to end (meai pengiriman dan penerimaan tidak perlu berkomunikasi secara langsung )
• Proses store and forward




KERUGIAN E_MAIL
• Email tidak selalu sampai ,kesalahan sedit saja pada alamat email nya dapat menggagalkan pengiriman
• Tidak semua orang bisa melihat email mereka secara teratur.



PROTOKOLN YANG DIGUNAKAN DALAM E_MAIL

• SIMPLE MAIL TRANSFER PROTOCOL
Digunakan dalam internet untuk mengirimkan elecrtonic mail , dan cara kerjanya menggunaka n port TCP no25 STMP menggunakan beberapa spool dan queue . pasn yang di kirimkan oleh stmp akan di kirimkan dalam queue stmp akan menghindari membalas pesan dari queue jika di hubungkan ke remote machine dan jika pesan tidak dapat di balasb dengan waktu yang telah di tentukan maka pesan akan di kembalikan pada si pengirim atau di pindahkan .interaksi antara message ke user agent ke message transfer agent hingga di terima oleh si penerima

POP(POST OFFICE PROTOCOL)

Suatu protocol yang diranncang untuk mengirimkan pesan e_mail dari server ke mail client . user yang mempunyain mail menyimpan dalam mail box pada server . user dalam hal ini adalah pop client mrngakses pesan yang di simpan menggunakan pop . menjawab atau membuat mail baru di gerakan oleh client yang menyimpan melalui stmp . mail di kirim dari client yang tidak memerlukan host yang ylain untuk mengirimkan mail atau mengirim mail langsung ke penerima jarak jauh .pop server juga tidak relay mail untuk client.


ALAMAT E__MAIL

Bentuk pengalamatan e_mail
Nama user @nama-host.nama domain
Contoh : naya _maniss@yahoo.com


TAMPILAN LAYAR E_MAIL

To ;syaa _ jeyeek@yahoo.co.id ( berisi alamat email)
From;emmaberisi pop dan nama yang sebenarnya
subject;berisi topik dalam surat
cc;karbon copy untuk mengimkan ke alamat yang lain
bcc ;blank karbon copy untuk mengirimkan ke alamat lain tanpa penerima mengetahui alamat yang di kirimkan tersebut
attachmaent ; untuk mengimkam file

PEMAKAIAN E_MAIL
Menjalankan program e_mail
Mengirimkan surat
Membaca surat yang masuk
Membalas surat
Menghapus surat
Keluar dari [program

MENJALANKAN PROGRAM EMAIL
Pada saat memulai program seperti layaknya program yang lain yaitu dengan mengklik ganda sebuah icon atau dengan memilih nama program tersebut dari sebuah menu setelah memulai berjalan , program email akan memperlihatkan isi dari mail box atau memperlihatkan daftar seluruhb kotak surat yang ada.

MAILLING LIST
Merupakan sarana internet yang memungkinkan untuk mengirim email ke sejumlah besar orang
Biasanya berfungsi sebagaiforum diskusi untuk orang-orang yang tertarik pada topik-topik yang sama.

Contoh alamat mailling list jika tertarik dengan dunia musik maka dapat melihat list of musical mailling lists yang selalu di perbaharui secara teratur
http;//server.barkeley.edu/ayukawa/lomml.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar